The Proposal, Sebuah review film....

Movie Review

The Proposal
“Dari benci menjadi cinta, semua itu baru dirasakan saat akan berpisah”

Data Film
Judul Film : The Proposal
Genre : Comedy - Romance
Sutradara : Anne Fletcher
Produser : Sandra Bullock, Kristin Burr, etc.
Penulis Skenario : Pete Chiarelli
Studio Produksi : Touchstone Pictures, Mandeville Films, Kurtzman.
Distributor : Walt Disney Studio.
Bahasa : English, Various
Durasi : 108 minutes
Tanggal Rilis : USA 1 June 2009, Indonesia 19 August 2009, Japan 16 October 2009
Data Lainnya
Aspek Rasio : 2.35 : 1, etc.
Sound Mix : DTS, Dolby Digital, SDDS.
Tagline : Here comes the bribe...
Pemeran Utama : Sandra Bullock, Ryan Reynolds, Mary Steenburgen, etc.

Sinopsis
Seorang pimpinan editor yang suka memaksa, Margaret Tate (Sandra Bullock) memaksa asisten mudanya yang sering ia perbudak, Andrew Paxton (Ryan Reynolds) untuk menikahinya karena Visa di Amerika Serikat sudah tidak berlaku dan menghindari deportasi ke negara asalnya, Kanada.

Trailer
http://www.youtube.com/watch?v=kPgZcW8MCaA

Review
Berawal dari melihat film ini di situs Apple pada bagian iTunes dan melihat trailernya yang cukup “menggelitik” dan juga film ini telah cukup lama bertengger posternya di bagian “coming soon” bioskop dengan jaringan terbesar di Indonesia untuk kota Surabaya, sebenarnya saya sudah menunggu film ini sejak bulan Agustus, karena data resminya menunjukkan tanggal rilisnya yang 19 Agustus 2009, namun film ini baru premier di Surabaya baru-baru ini sehingga saya baru bisa menontonnya tanggal 21 Oktober 2009 kemarin.
Oke selain melihat betapa mahalnya Apple Inc. membayar placement promotion di film ini (yup, bagaimana mungkin diseluruh penjuru dunia bahkan hingga pedalaman Alaska, semua tempat menggunakan komputer buatan Apple Inc. kecuali satu tempat yaitu kantor imigrasi Amerika Serikat yang menggunakan PC Non Apple), kita akan melihat berbagai kekocakan yang hadir dalam film ini, film ini menceritakan tentang hubungan “dadakan” antara Margaret (Sandra Bullock) pimpinan editor sebuah penerbit yang ditakuti oleh seluruh pekerja kantornya, dan asistennya Andrew (Ryan Reynolds) yang terpaksa harus melakukan “kawin kontrak” ala Amerika Serikat untuk menghindari diri nya dideportasi kembali ke Kanada.
Sayangnya rencana mereka untuk sekedar “menikah” tidak sekedar menikah begitu saja, pihak imigrasi mencium sesuatu yang mencurigakan dari hubungan ini, sehingga akhirnya Margaret terpaksa menyetujui dan mengikuti perayaan ulang tahun Andrew di sebuah kota di Alaska demi membuat semua tampak “wajar”, dan melihat hal ini Andrew pun memanfaatkan peluang ini untuk mendapatkan apa yang ia inginkan, sehingga jadilah “kawin kontrak” yang lebih berupa deal bisnis diantara keduanya.
Tentu saja berbagai kejadian lucu terjadi diantara pasangan kilat ini, sebagian besar dari kejadian lucu ini dapat kita lihat bagaimana Margaret dan Andrew berusaha memainkan peran nya didepan keluarga Andrew, dan pada akhirnya beberapa kejadian menyentuh akhirnya mulai meluluhkan hati Margaret yang keras dan “sesuatu” terjadi, bagaimanakah kelanjutan dari hubungan saling membenci selama 3 tahun ini? Saksikan film yang romantis, kocak, dan menyenangkan ini di bioskop, dvd, atau Apple TV anda!!!

Christian Gamas, christian_gamas@yahoo.com, christian.gamas.blog@gmail.com

0 comments: